@phdthesis{digilib57094, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06670009 Nur Chikmiati}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Esti Widyowati M. Si}, keywords = {Pembelajaran IPA, Sumber Belajar, Media Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57094/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan menyusun CD Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas VII Semester I. Kualitas CD pembelajaran IPA diketahui berdasarkan St{\'a}ndar Isi. Kualitas CD pembelajaran ini berdasarkan penilaian 3 guru IPA SMP/Mts dan 10 peserta didik SMA kelas VII. Prosedur pengembangan CD pembelajaran terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. CD pembelajaran diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 5 orang teman sejawat (peer reviewer), 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. CD pembelajaran ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru IPA SMP/MTs dan 10 peserta didik SMP/MTs kelas VII di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 3 aspek penilaian dengan 20 indikator penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh peserta didik hanya meliputi 2 aspek dengan 10 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas CD pembelaajran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas baik (B) menurut penilaian guru. Kualitas CD pembelajaran yang telah disusun diperoleh skor rata-rata 74,67 dengan persentase keidealan 74,67\% dan penilaian menurut peserta didik diperoleh skor rata-rata 42,22 dengan persentase keidealan 84,4 \%, sehingga buku petunjuk praktikum ini dapat dikategorikan mempunyai kualitas sangat baik (SB).} }