@phdthesis{digilib57100, month = {October}, title = {DESIGNING METODE LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN CATATAN TERBIMBING FORMAT MINI MAGZ PADA TOPIK EKOSISTEM DAN UJI EFEKTIVITASNYA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP N 2 LENDAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06680016 Wening Nurhadian}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Widodo, M.Pd.}, keywords = {Designing Metode Learning Start With a Question. Hasil Belajar, Pemahaman Materi, Mini Magz}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57100/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui cara mendesain metode Learning Start With a Question (LSWAQ) melalui turnamen dan tanpa turnamen dengan catatan terbimbing format Mini Magz yang ditinjau dari hasil belajar dan pemahaman materi siswa pada topik ekosistem untuk siswa kelas VII di SMP N 2 Lendah, (2) mengetahui efektivitas desain LSWAQ berformat Mini Magz ditinjau dari hasil belajar dan pemahaman materi siswa, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh LSWAQ dengan turnamen dan tanpa turnamen yang ditinjau dari pemahaman materi dan hasil belajar siswa. Pengembangan desain mengambil acuan dari desain Instructional Development Institut (IDI) yang terdiri dari identifikasi topik, siswa, pengembangan metode dan penyusunan perangkat penunjang keefektivan metode, serta uji efektivitas pengembangan metode melaui One Way ANOVA. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa topik ekosistem tidak dapat didesain menggunakan LSWAQ ditunjukan dengan tidak adanya perbedaan pengaruh antara desain LSWAQ dibandingkan dengan metode konvensional, didapatkan hitung F 0.360 dan nilai Sig 5\% adalah 0.699. uji efektivitas terhadap hasil belajar siswa didapatkan nilai hitung F 3.027 dan nilai Sig 5 \% adalah 0.054. uji efektivitas terhadap pemahaman materi didapatkan hitung F 1.020 dan nilai sig 5 \% adalah 0.365. Uji efektivitas terhadap Mini Magz didapatkan hitung F 0.091 dan nilai sig 5 \% adalah 0.913. Hasil hitung F pada semua uji efektifvitas {\ensuremath{<}} dari tabel F yaitu 3.12 dan nilai sig 5 \% pada semua uji juga {\ensuremath{>}} 0.05 yang dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan desain metode LSWAQ dengan catatan terbimbing format Mini Magz dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari pemahaman materi dan hasil belajar biologi siswa di topik ekosistem.} }