%0 Thesis %9 Skripsi %A Lailatul Munawaroh, NIM.: 06600020 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2010 %F digilib:57105 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran efektif; hands on mathematics; alat peraga; hasil belajar %P 207 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON MATHEMATICS (HOM) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BAHARI KAWUNGANTEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57105/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga dibandingan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga dan variabel terikat berupa hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bahari Kawunganten sebanyak 3 kelas terdiri dari 145 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sample random sampling, dengan catatan yang di acak adalah kelasnya. Dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic nonparametrik yaitu Mann Whitney U-test. Dari hasil posttest didapatkan rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 5,62 dan rerata skor posttest kelas kontrol sebesar 4,59. Berdasarkan analisis diperoleh pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika (besar nilai (sig.) 0,000 < %Z Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd.