TY - THES N1 - Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si ID - digilib57109 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57109/ A1 - Nurul Mawaddah, NIM.: 06690017 Y1 - 2011/08/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa strategi inkuiri terbimbing dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 310 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan soal posttest serta lembar observasi siswa. Teknik analisa data menggunakan uji t pada aspek kognitif sedangkan ranah afektif dan ranah psikomotorik dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil perhitungan diperoleh (1) hasil belajar kognitif (dari hasil posttest) diperoleh nilai PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Quasi Eksperiment KW - Strategi Inkuiri Terbimbing KW - Hasil Belajar Fisika. M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII D DAN VIII F SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - restricted EP - 183 ER -