TY - THES N1 - Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Muhammad Pribadi, M.Pd ID - digilib57110 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57110/ A1 - Dyan Sulistyaningsih, NIM.: 06690019 Y1 - 2011/09/16/ N2 - Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah enam SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu SMP 5 Yogyakarta, SMP 1 Pangudiluhur, SMP 1 Sleman, SMP 1 Bantul, SMP 1 Wates, dan SMP 1 Karangmojo. Waktu penelitian bulan Februari?Juni pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik dokumentasi menggunakan foto, video, lembar observasi, dan dokumen administrasi guru. Analisis data menggunakan model interaktif Miler dan Huberman. Teknik penentuan sampel yang dipakai adalah area probability stratified sample. Teknik pengembangan validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi, sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta pada daerah urban, sub urban maupun pinggiran dapat dikategorikan baik (rata-rata 68,58%). Poin tertinggi SMP 1 Karangmojo (93,10%) dan poin terendah SMP Pangudiluhur 1 (57,47%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA tidak dapat ditentukan oleh lokasi sekolah. Akan tetapi, kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal, kualitas proses pembelajaran dan kesiapan (kelengkapan dokumen) guru lebih baik dan lebih stabil. Hal ini terlihat dari persentase bilingual kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal (tahun 2007) lebih tinggi persentasenya (60,35%), sedangkan sekolah yang mendapat status RSBI tahun 2008 persetase bilingualnya 36,75%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Proses Belajar Mengajar KW - Pembelajaran IPA KW - Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) M1 - skripsi TI - PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 170 ER -