eprintid: 57110 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/71/10 datestamp: 2023-03-14 03:21:01 lastmod: 2023-03-14 03:21:01 status_changed: 2023-03-14 03:21:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Dyan Sulistyaningsih, NIM.: 06690019 title: PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Proses Belajar Mengajar, Pembelajaran IPA, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) note: Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Muhammad Pribadi, M.Pd abstract: Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah enam SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu SMP 5 Yogyakarta, SMP 1 Pangudiluhur, SMP 1 Sleman, SMP 1 Bantul, SMP 1 Wates, dan SMP 1 Karangmojo. Waktu penelitian bulan Februariā€“Juni pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik dokumentasi menggunakan foto, video, lembar observasi, dan dokumen administrasi guru. Analisis data menggunakan model interaktif Miler dan Huberman. Teknik penentuan sampel yang dipakai adalah area probability stratified sample. Teknik pengembangan validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi, sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta pada daerah urban, sub urban maupun pinggiran dapat dikategorikan baik (rata-rata 68,58%). Poin tertinggi SMP 1 Karangmojo (93,10%) dan poin terendah SMP Pangudiluhur 1 (57,47%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA tidak dapat ditentukan oleh lokasi sekolah. Akan tetapi, kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal, kualitas proses pembelajaran dan kesiapan (kelengkapan dokumen) guru lebih baik dan lebih stabil. Hal ini terlihat dari persentase bilingual kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal (tahun 2007) lebih tinggi persentasenya (60,35%), sedangkan sekolah yang mendapat status RSBI tahun 2008 persetase bilingualnya 36,75%. date: 2011-09-16 date_type: published pages: 170 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dyan Sulistyaningsih, NIM.: 06690019 (2011) PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57110/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57110/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf