@phdthesis{digilib57111, month = {August}, title = {PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) BERDASARKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTA FISIKA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 06690033 Hikhmah}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Mohammad Pribadi, M.Pd}, keywords = {Problem Solving, CIRC, Soal Cerita Fakta Fisika}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57111/}, abstract = {Hasil belajar dalam menyelesaikan soal cerita, dapat diterapkan dengan model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika dengan model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC dan mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving dan kooperatif tipe CIRC berdasarkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dan lembar observasi untuk mengetahui persentase aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika pada kelas problem solving dan kooperatif CIRC, dengan thitung= 5,32 lebih besar daripada ttabel= 2,02 dan selisih nilai rata-rata sebesar 6,31 dan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif dibanding model pembelajaran problem solving dalam menyelesaikan soal cerita fakta fisika berdasarkan persentase rata-rata aktifitas siswa dengan hasil bahwa pada model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sebesar 65,22\% lebih tinggi daripada model pembelajaran problem solving sebesar 57,96\%.} }