@phdthesis{digilib57115, month = {November}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT ) DILENGKAPI DENGAN KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07600014 Febriya Lisnawati}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Mochammad Abrori, S.Si.,M.Kom dan Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si.,M.Pd.Si.}, keywords = {Teams Games Tournament (TGT), Kancing Gemerincing, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57115/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan aktivitas belajar matematika siswa. (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen (The Non Equivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing, variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Piyungan sebanyak 157 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan kancing gemerincing lebih efektif daripada metode ceramah terhadap aktivitas belajar matematika siswa. (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi dengan model pembelajaran kancing gemerincing tidak lebih efektif daripada metode ceramah terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa} }