relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57120/ title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI) creator: Naily Faizatin, NIM.: 07600064 subject: Evaluasi Pendidikan subject: Metode Pembelajaran subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap pemahaman konsep matematika siswa (2) mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis dan sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan: soal posttest, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa posttest, angket dan lembar observasi yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t karena banyaknya sampel pada kelas kontrol dan eksperimen masing-masing berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan hasil dari skor posttest pemahaman konsep didapatkan nilai sebesar = 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil pengujian secara keseluruhan hasil dari skor posttest kemampuan berpikir kreatif didapatkan nilai sebesar = 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak. Adapun hasil angket didapatkan nilai sebesar = 0,0235 < 0,05, artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati yang menggunakan pendekatan open-ended dilengkapi dengan drill lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. date: 2011-10-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57120/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57120/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7%C2%B7.pdf identifier: Naily Faizatin, NIM.: 07600064 (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DILENGKAPI DENGAN DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP (STUDI EKSPERIMEN DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.