relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57123/ title: KESESUAIAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA creator: Joni Agustiyono, NIM.: 05460026 subject: Pendidikan Fisika subject: Kyai - Ustadz - Guru description: Kurang tepatnya pemilihan gaya mengajar guru dapat membosankan siswa, hal ini bisa diatasi dengan menyesuaikan gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa, serta untuk mengungkapkan pengaruh dari kesesuaian tersebut dalam meningkatkan minat belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pengambilan data secara langsung dari sampel. Metode pengambilan data dengan menggunakan angket dan observasi. Metode analisa data menggunakan analisis diskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang dipersentase sebelumnya. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sekolah yang ada di Yogyakarta yaitu SMA Muhammadiyah 5, SMA PIRI 1, MA Muallimin Muhammadiyah dan SMA IT Abu Bakar. Subjek dari penelitian ini adalah guru, siswa dan proses pembelajaran. Hasil analisa kesesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar siswa dalam meningkatkan minat belajar fisika mengungkap beberapa hal terkait dengan tujuan penelitian. Penelitian memberikan gambaran bahwa guru memiliki gaya mengajar yang variatif namun guru mempunyai satu kategori gaya mengajar yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 guru yang menjadi responden, rata-rata skor untuk masing-masing kategori gaya mengajar yang dimiliki oleh guru adalah kategori Visual 67%, kategori Auditorial 70% dan kategori Kinestetik 76%. Gaya belajar siswa menginformasikan, terdapat gaya belajar yang mendominasi kebanyakan siswa yaitu gaya belajar visual dengan rata-rata persentase 53,8%. Berdasarkan hasil observasi, guru sudah berusaha menyamakan gaya mengajarnya dengan gaya belajar siswa. Hal ini terlihat dari bagaimana guru mensiasati pembelajaran agar berjalan dengan efektif dan lancar. Sekitar 85,6% keseluruhan responden menyatakan berminat terhadap pembelajaran, jadi antara gaya mengajar dan gaya belajar yang sesuai dapat meningkatkan minat belajar dan bahkan memberikan rasa puas, 69,0% menyatakan puas terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Pertemuan gaya mengajar dengan gaya belajar yang sesuai dapat memberikan nilai prestasi yang bagus. Rata-rata nilai siswa pada setiap gaya mengajar kaitannya dengan gaya belajar menunjukkan bahwa gaya mengajar Visual rata-rata nilai siswa gaya belajar kategori Visual sebesar 78,90, gaya mengajar kategori Auditorial rata-rata nilai prestasi siswa gaya belajar kategori Auditorial sebesar 64,15 dan gaya mengajar kategori Kinestetik rata-rata nilai prestasi siswa gaya belajar kategori kategori Kinestetik sebesar 77,50. date: 2010-11-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57123/1/06600032%20BAB%20I%20DAN%20BAB%20PENUTUP.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57123/2/06600032%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf identifier: Joni Agustiyono, NIM.: 05460026 (2010) KESESUAIAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.