%0 Thesis %9 Skripsi %A Retno Utami, NIM.: 06600010 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2010 %F digilib:57124 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K model konvensional; pembelajaran kooperatif; Tipe Snowball Throwing; hasil belajar; %P 200 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 3 BANTUL (Penelitian Quasi Eksperimen pada pokok bahasan Bentuk Akar) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57124/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini aspek yang diteliti terbatas hanya pada ranah kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non- Randomized Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok pretest-posttest kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 128 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dan sebelum perlakuan diberikan pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa mengenai pokok bahasan bentuk akar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t terhadap nilai posttest, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,045 %Z Pembimbing: Muhammad Wakhid Mustafa, M.Si