TY - THES N1 - Pembimbing: Much Abrori, M.Kom. ID - digilib57133 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57133/ A1 - Suciati Susilowati, NIM.: 06600012 Y1 - 2010/10/20/ N2 - Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menelaah efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode cooperative script dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonrandomaized control group pretest-posttest. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 141 siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen, normal dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata. Diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi dan gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pada tabel Independent Samples Test bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,317 > 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 < 0,050. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - aljabar; cooperative script; hasil belajar siswa M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING AV - restricted EP - 223 ER -