eprintid: 57133 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/71/33 datestamp: 2023-03-14 07:44:47 lastmod: 2023-03-14 07:44:47 status_changed: 2023-03-14 07:44:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Suciati Susilowati, NIM.: 06600012 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: aljabar; cooperative script; hasil belajar siswa note: Pembimbing: Much Abrori, M.Kom. abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menelaah efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode cooperative script dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonrandomaized control group pretest-posttest. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 141 siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen, normal dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata. Diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi dan gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pada tabel Independent Samples Test bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,317 > 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 < 0,050. date: 2010-10-20 date_type: published pages: 223 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Suciati Susilowati, NIM.: 06600012 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57133/1/06600012%20-%20BAB%20I%20DAN%20PENUTUP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57133/2/06600012%20-%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf