%A NIM.: 07660009 Sigit Setiyadi %O Pembimbing: Kifayah Amar, P.hd dan Taufiq Aji, S.T., MT %T PENENTUAN STRATEGI SUSTAINABILITY USAHA PADA UKM KULINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT- AHP %X Suatu metode untuk menentukan strategi sustainability bagi UKM kuliner adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan faktor ancaman yang dihadapi UKM kuliner, baik informasi pada masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Berdasarkan informasi ini UKM kuliner harus menentukan suatu strategi sebagai alternatif strategi sustainability yang harus diterapkan. Tujuan dari penentuan strategi sustainability ini adalah untuk mengambil keuntungan dari adanya faktor kekuatan dan peluang, memperkuat faktor kelemahan dan mengembangkan pertahanan terbaik dari faktor ancaman. Penentuan strategi sustainability belum tentu merupakan strategi yang terbaik dan sesuai dengan tujuan yang ada pada UKM kuliner, sehingga muncul permasalahan untuk menentukan strategi sustainability yang paling baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan penggabungan metode SWOT dan AHP untuk membandingkan alternatif strategi sustainability yang ada. Adapun strategi sustainability yang ada pada penelitian ini mencakup strategi membuka cabang lokal, membuka cabang luar daerah, kemitraan saham sebagian, dan strategi kemitraan saham keseluruhan. Dalam penelitian ini yang menjadi prioritas utama dalam pengembangan bisnis untuk mencapai sustainability adalah strategi dengan membuka cabang luar daerah yaitu dengan nilai akhir bobot prioritas tingkat evaluasi keseluruhan tertinggi sebesar: 3.413. %K SWOT, SWOT-AHP, UKM Kuliner %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib57144