TY  - THES
N1  - Pembimbing: Sugiyono, M.Pd.
ID  - digilib57148
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57148/
A1  - Siti Muslimah, NIM.: 05430008
Y1  - 2022/11/18/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan
kemampuan komunikasi matematika siswa di MTs Wahid Hasyim Sleman,
khususnya kelas VIII dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD
(Student Team Achievement Division).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman tahun ajaran 2009/2010 yang
berjumlah 27 siswa. Obyek penelitian ini adalah proses pelaksanaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).
Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket, tes, lembar observasi,
catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, display data, triangulasi dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman dapat
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa.
Diantara tahapan dalam STAD yang dapat meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa adalah adanya pemberian penghargaan dan tahapan yang dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah adanya
pembentukan kelompok. Peningkatan ini ditunjukkan dari hasil analisis angket
motivasi belajar matematika siswa pada pratindakan diperoleh persentase sebesar
11,11%, pada siklus I sebesar 40,74 % dan siklus II sebesar 62,96%. Sedangkan
dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh persentase pada
pratindakan sebesar 28 %, pada siklus I sebesar 48,15% dan pada siklus II sebesar
77,78%.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - pembelajaran kooperatif; motivasi belajar; komunikasi matematika; STAD
M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA
KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
( Student Teams Achievement Division )
AV  - restricted
EP  - 197
ER  -