eprintid: 57148 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/71/48 datestamp: 2023-03-15 01:45:56 lastmod: 2023-03-15 01:45:56 status_changed: 2023-03-15 01:45:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Muslimah, NIM.: 05430008 title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division ) ispublished: pub subjects: mot_ivasi subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: pembelajaran kooperatif; motivasi belajar; komunikasi matematika; STAD note: Pembimbing: Sugiyono, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa di MTs Wahid Hasyim Sleman, khususnya kelas VIII dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 27 siswa. Obyek penelitian ini adalah proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket, tes, lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, display data, triangulasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Diantara tahapan dalam STAD yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa adalah adanya pemberian penghargaan dan tahapan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah adanya pembentukan kelompok. Peningkatan ini ditunjukkan dari hasil analisis angket motivasi belajar matematika siswa pada pratindakan diperoleh persentase sebesar 11,11%, pada siklus I sebesar 40,74 % dan siklus II sebesar 62,96%. Sedangkan dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh persentase pada pratindakan sebesar 28 %, pada siklus I sebesar 48,15% dan pada siklus II sebesar 77,78%. date: 2022-11-18 date_type: published pages: 197 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Muslimah, NIM.: 05430008 (2022) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57148/1/05430008%20-%20BAB%20I%20DAN%20BAB%20PENUTUP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57148/2/05430008%20-%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf