eprintid: 57154 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/71/54 datestamp: 2023-03-15 02:24:31 lastmod: 2023-03-15 02:24:31 status_changed: 2023-03-15 02:24:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ifadatul Kirom, NIM.: 07670005 title: ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Ilmu Kimia, Kesulitan Belajar, Instrumen Penilaian, Hasil Belajar note: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, M.A. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia bentuk uraian, pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di MA Ibnul Qoyyim Putri Berbah, Sleman pada kelas XI semester genap. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia bentuk uraian, ditinjau berdasarkan aspek materinya dan berdasarkan aspek kognitif paling dominan yang tidak mampu diselesaikan oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 18 peserta didik. Data yang kumpulkan berupa hasil penyelesaian dari peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia. Soal kimia yang dibuat berbentuk uraian obyektif. Instrumen yang digunakan berupa soal dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa ujian/tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tinjauan aspek materi, tingkat kesulitan peserta didik paling tinggi berturut-turut adalah untuk materi (1) Pengaruh pH terhadap kelarutan persentase tingkat kesulitan sebesar 13,89%; (2) Reaksi pengendapan dengan persentase tingkat kesulitan 35,18; (3) Pengaruh ion senama terhadap kelarutan dengan tingkat kesulitan 38,88%; dan (4) Kelarutan dan hasil kali kelarutan tingkat kesulitannya sebesar 51.33%. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek kognitif C1, C2, C3, dan C4. Aspek kognitif yang paling dominan dengan tingkat kesulitan paling tinggi tidak dapat diselesaikan adalah aspek kognitif C4 yakni tingkat kesulitan sebesar 12,55 % yang berarti sangat tinggi. date: 2011-11-16 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ifadatul Kirom, NIM.: 07670005 (2011) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57154/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57154/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7%C2%B7.pdf