eprintid: 57166 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/71/66 datestamp: 2023-03-15 04:34:09 lastmod: 2023-03-15 04:34:09 status_changed: 2023-03-15 04:34:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nena Kholidah, NIM.: 07670034 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Kelas Bilingual, Pendidik Kimia, SMA Bertaraf Internasional note: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, MA. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan tujuan diadakannya pembelajaran bilingual kimia di Rintisan SMA Bertaraf Internasional Negeri 8 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bilingual kimia mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar. Selain itu, untuk mengetahui kendala, solusi dan dampak terhadap sekolah, pendidik dan peserta didik dengan diterapkannya pembelajaran bilingual kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan Forum Group Discussion (FGD). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Pembelajaran bilingual kimia di R SMA B I Negeri 8 Yogyakarta secara umum dilatarbelakangi oleh adanya pengembangan kurikulum R SMA BI pada mata pelajaran Matamatika dan IPA (MIPA) dan pencapaian target lulusan. Tujuannya adalah mampu memacu peserta didik agar termotivasi untuk belajar mandiri, kritis, kretif dan inovatif. Selain itu betujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris bagi pendidik dan peserta didik, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan, pendayagunaan sumber daya manusia, dan dapat meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Sedangkan pembelajaran bilingual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar baru diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Dampak implementasi pembelajaran bilingual kimia di R SMA B I Negeri 8 Yogyakarta, yaitu: (1) kualitas sekolah meningkat (2) pendidik lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, dan pembelajaran di kelas membutuhkan waktu yang lebih lama (3) peserta didik lebih termotivasi dalam belajar dan lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, meskipun ada sebagian peserta didik yang kesulita date: 2011-08-04 date_type: published pages: 179 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nena Kholidah, NIM.: 07670034 (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL KIMIA DI RINTISAN SMA BERTARAF INTERNASIONAL NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57166/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57166/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf