@phdthesis{digilib57169, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA HANDS ON PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SEMESTER II UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07670040 Ali Mustofa}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum,M.Pd.Si.}, keywords = {Lembar Kegiatan Siswa, Kegiatan Hands on, Pembelajaran Kimia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57169/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang memiliki tujuan: (1) Menghasilkan Lembar Kerja Hands On pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X Semester II. (2) Mengetahui Kualitas Lembar Kerja Hands On yang telah dibuat tersebut melalui penilaian tiga orang guru kimia. (3) Mengetahui Penggunaan Lembar Kerja Hands On pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X Semester II untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik. Penelitaian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Proses pengembangan alat ini diawali dengan membuat desain Lembar Kerja Hands on. Produk awal kemudian dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ahli media. Kemudian media ini dinilaikan kepada riviewer tiga orang guru kimia SMA/MA untuk mengetahui kelayakan. Media ini kemudian di uji cobakan ke peserta didik untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik MAN 2 Yogyakarta sejumlah 26 peserta didik dengan rincian: 10 anak pada uji coba terbatas dan 16 anak pada uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar kerja hands on yang dikembangkan peneliti ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan secara umum mempunyai kategori baik. Berdasarkan uji coba lapangan, diketahui bahwa respon peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Hands on adalah sangat setuju. Penggunaan Lembar kerja dalam pembelajaran menunjukkan meningkatnya minat peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji-t, dapat diketahui perbedaaan yang signifikan dengan taraf signifikansi 0,031} }