eprintid: 57173 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/71/73 datestamp: 2023-03-15 06:14:21 lastmod: 2023-03-15 06:14:21 status_changed: 2023-03-15 06:14:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nurul Hidayati Rofiah, NIM.: 07410081 title: PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMGAME- TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: karyawan; guru; Team-Game-Tournament (TGT); pembelajaran fiqh note: Pembimbing: Drs. Moch Fuad abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran Fikih kelas VIII MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik yang kenyataannya merupakan pihak yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan motivasi melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup:(1)perencanaan, (2) implementasi, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan: 1). Motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Fikih siswa kelas VIII di MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) penerapan strategi Cooperative Learning tipe TGT dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII MTs Ibnul Qoyyim Putra Bantul dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi TGT ini berjalan dengan lancar. Strategi TGT dalam pembelajaran ini mencakup presentasi kelas, belajar tim, turnamen, dan penghargaan kelompok. 3) Adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek keaktifan siswa pada observasi awal sebelum tindakan sebesar 31,7% (rendah), kemudian pada siklus I 55%(sedang), siklus II sebesar 74%(tinggi), siklus III sebesar 84% (sangat tinggi) hal ini mengalami peningkatan cukup baik yaitu 52,3%. Sedangkan pada aspek motivasi siswa sebelum tindakan sebesar 31.6%(rendah), kemudian siklus I 83,7% (sangat tinggi), siklus 83,7 % (sangat tinggi) dan siklus III menjadi 89%(sangat tinggi). date: 2010-11-25 date_type: published pages: 181 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurul Hidayati Rofiah, NIM.: 07410081 (2010) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMGAME- TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS VIII MTS IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57173/1/07410081%20-%20BAB%20DAN%20PENUTUP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57173/2/07410081%20-%20BAB%20I%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf