TY - THES N1 - Pembimbing: Drs .Mujahid, M.Ag. ID - digilib57174 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57174/ A1 - Nurul Khasanah, NIM.: 06410166 Y1 - 2010/07/19/ N2 - anak haruslah menyenangkan, karena akan menumbuhkan emosional yang positif . Dalam proses belajar anak harus diposisikan sebagai subyek bukan obyek .Bila anak menjadi obyek maka yang banyak melakukan intervensi adalah guru .Hasilnya akan membuat anak malas belajar atau stress. Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain .Belajar menunjuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subyek yang menerima pelajaran )sasaran didik(, sedangkan mengajar menunujuk pada apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pengajar .Belajar bukan menghafal dan bukan pula mengingat .Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Quantum Learning meliputi materi, metode dan hasil yang dicapai dengan pelaksanaan Quantum learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SDIT Assalaam Sanden Bantul.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi .Yaitu pendekatan yang diawali dari munculnya fenomena yang ingin diselidiki dengan seksama dan mendalam sehingga memperoleh esensi dari fenomena yang dimaksu .Pendekatan ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena secara mendalam .Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dengan quantum learning dilaksanakan dengan ) :1 .(pengkondisian lingkungan belajar meliputi :lingkungan fisik dan psikis, penumbuhan emosi positif, ketrampilan belajar, pengaturan waktu dan penggunaan media) .2 (Metode yang digunakan dalam pembelajaran agama islam dengan menggunakan Quantum Learning yaitu metode bercerita, Tanya jawab, demonstrasi, field trip, diskusi dan pembiasaan) .3 .(Materi yang ada dalam pembelajaran agama islam meliputi aspek akidah, fiqh, qur?an hadits, dan tarikh) .4 .(Hasil pembelajaran pandidikan agama islam dengan menggunakan quantum learning .Ranah kognitif :penguasaan materi, afektif :perubahan sikap mental dan perasaan beragama, psikomotor :perubahan pengamatan tindakan sesuai dengan nilai-nilai agama. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - quantum learning; ketrampilan belajar; media pembelajaran; emosi positif M1 - skripsi TI - METODE QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDIT ASSALAAM SANDEN BANTUL AV - restricted EP - 118 ER -