eprintid: 57181 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/71/81 datestamp: 2023-03-16 01:20:03 lastmod: 2023-03-16 01:20:03 status_changed: 2023-03-16 01:20:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Arynggatama, NIM.: 07680014 title: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT), Information and Communication Technology (ICT), Media Power Point Presentation (PPT), Hasil Belajar Biologi, dan Minat Belajar Siswa note: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan metode Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok materi Sistem Reproduksi pada kelas XI IPA semester genap di SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. (2) mengetahui minat belajar siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT berbasis ICT dalam pembelajaran biologi pada pokok materi Sistem Reproduksi pada kelas XI IPA semester genap di SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kolaboratif yang menggabungkan metode penelitan Quasi Eksperiment (Eksperimen semu) tipe Randomized Pretest-Posttest Control Group Design dan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bantul dan diambil sampel 2 kelas secara random, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Media berbasis ICT yang digunakan berupa Power Point Presentation (PPT). Pengumpulan data menggunakan soal pretest, posttest, dan angket minat siswa. Validasi instrumen yang digunakan yaitu validasi isi, logis, dan empiris. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t-test untuk data hasil belajar biologi siswa dan secara deskriptif untuk data minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis Information and Communication Technology (ICT) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, dibuktikan uji t-test dengan sig. (2-tailed) senilai 0,001 < taraf signifikansi (0,01). (2) minat belajar siswa terhadap metode pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT berbasis ICT memiliki tanggapan yang positif, ditunjukkan dengan rata-rata persentase minat belajar siswa sebesar 95,86%. Kesimpulan hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT berbasis ICT berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi dan minat belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran biologi di sekolah. date: 2011-07-08 date_type: published pages: 229 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Arynggatama, NIM.: 07680014 (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57181/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57181/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf