%0 Thesis %9 Skripsi %A Mutrofingatun Sa’adah, NIM.: 07680041 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2011 %F digilib:57187 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembar Kerja Siswa, Penelitian Pengembangan, Pembelajaran Biologi %P 229 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK KELAS X SEMESTER I SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57187/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi pokok Fungi (Jamur) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas X semester I SMA/MA yang dapat dipakai sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh peserta didik sebagai bahan atau media belajar, serta mengetahui kualitas LKS materi pokok Fungi (Jamur) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas X semester I SMA/MA yang memenuhi kriteria LKS yang berkualitas menurut penilaian guru biologi dan peserta didik SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan LKS terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Draft LKS diberi masukan oleh 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 1 ahli bahasa dan 3 orang peer reviewer, kualitas LKS dinilai melalui uji coba terbatas kepada 2 orang guru biologi dan 10 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Data nilai kualitas yang diperoleh berupa data kualitatif diolah menjadi skor. Skor tersebut kemudian dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. LKS materi pokok Fungi (Jamur) disusun menggunakan 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil penilaian LKS materi Pokok Fungi (Jamur) memenuhi kriteria kualitas. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian 2 orang guru biologi dan 10 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta cenderung sangat baik (SB), sehingga layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh peserta didik sebagai bahan atau media belajar %Z Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd