%0 Thesis %9 Skripsi %A Uswatun Navisah Hapsari, NIM.: 07680044 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2011 %F digilib:57188 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Biologi, Metode Mind Map, Pembelajaran Konvensional %P 204 %T APLIKASI MIND MAPPING DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II SMA 8 YOGYAKARTA ) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57188/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz terhadap peningkatan pemahaman konsep biologi pada materi pokok ekosistem serta tanggapan siswa kelas X semester II SMA N 8 Yogyakarta terhadap penggunaan metode. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kolaborasi (kuantitatif dan kualitatif). Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control untuk mencari data pemahaman konsep. Sedangkan desain penelitian kualitatif digunakan untuk mencari data tanggapan siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random, yaitu kelas XB sebagai kelas kontrol dan kelas XF sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa pemahaman konsep kognitif siswa dianalisis dengan menggunakan t-Test (uji-t) dan data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan (p < 0,05) terhadap pemahaman konsep siswa dengan menerapkan metode mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz pada materi pokok ekosistem. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t, dengan nilai p = 0,03. (2) Tanggapan siswa terhadap metode mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz termasuk dalam kategori yang positif dengan skala persentase 68,2 % %Z Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.