TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si, dan Winarti, M.Pd.Si ID - digilib57195 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57195/ A1 - Sholicha Astuti, NIM.: 07690010 Y1 - 2011/10/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan generik sains siswa antara kegiatan pembelajaran menggunakan program simulasi PhET dan metode demonstrasi pada siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. 2) tanggapan dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan program simulasi PhET. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XA dan XB. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes. Analisis perbedaan kemampuan generik sains siswa menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Office Exel 2007, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan 1) terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kemampuan generik sains siswa pada kegiatan pembelajaran menggunakan program simulasi PhET dengan kegiatan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan nilai PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Software Pembelajaran KW - Kemampuan Generik Sains KW - Simulasi PhET M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN FISIKA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS SISWA AV - restricted EP - 124 ER -