@phdthesis{digilib57200, month = {November}, title = {RANCANG BANGUN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KINEMATIKA DAN DINAMIKA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07690041 Dwi Sukowati}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si dan Joko Purwanto, M.Sc}, keywords = {Evaluasi, Keterampilan Generik Sains, Kriteria Instrumen Evaluasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57200/}, abstract = {Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membuat instrumen evaluasi berbasis keterampilan generik sains yang sesuai dengan kriteria kualitas evaluasi yang baik dan untuk mengidentifikasi karakteristik dari tiap item instrumen evaluasi. Keterampilan generik sains merupakan keterampilan berfikir sains yang dimiliki siswa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, instrumen evaluasi yang dibuat adalah pilihan ganda, sebanyak 30 item instrumen evaluasi pilihan ganda dibuat sesuai dengan kriteria instrumen evaluasi yang baik. Analisis kriteria tiap item dilakukan dengan mengujikan instrumen evaluasi pilihan ganda ke siswa SMA/MA. Uji coba dilakukan sebanyak dua tahap, tahap uji terbatas dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Yogyakarta dan tahap uji publik dilaksanakan di seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penentuan layak tidaknya instrumen evaluasi pilihan ganda untuk diujikan dilihat dari analisis hasil uji publik dan dari penilaian guru SMA/MA, ahli materi, ahli evaluasi. Hasil penelitian dari analisis data uji publik menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis keterampilan generik sains berupa pilihan ganda memenuhi kriteria kualitas instrumen evaluasi yang baik. Nilai validitas dari 30 item instrumen evaluasi pilihan ganda, 86,67\% item telah memenuhi batas minimal validitas yaitu {\ensuremath{>}}0,167. Daya pembeda dari 30 item instrumen evaluasi pilihan ganda 26,67\% berkualitas buruk (poor), 33,33\% berkualitas cukup baik, 40\% berkualitas baik. Tingkat kesukaran dari 30 instrumen evaluasi pilihan ganda 33,33\% sukar, 40\% sedang, 26,67\% mudah. Efektivitas pengecoh pada semua item berfungsi karena pada tiap item lebih dari 5\% siswa memilih option selain kunci jawaban. Nilai reliabilitas instrumen evaluasi pilihan ganda adalah 1,00. Penilaian dari guru SMA/MA, ahli materi dan ahli evaluasi melalui angket juga menunjukkan bahwa instrumen evaluasi berbasis keterampilan generik sains berupa pilihan ganda yang dibuat sesuai dengan kriteria kualitas instrumen evaluasi yang baik dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.} }