eprintid: 57229 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/72/29 datestamp: 2023-03-16 07:46:52 lastmod: 2023-03-16 07:46:52 status_changed: 2023-03-16 07:46:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Anton Prasetyo, NIM.: 07140017 title: HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI ispublished: pub subjects: perpus_sek divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar, Prestasi Belajar note: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd, abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro, dan jika ada hubungan seberapa besar hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Wuryantoro yang berjumlah 221 siswa. Pengambilan sampel secara simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel dependen (nilai prestasi belajar siswa).. Metode analisis yang digunakan dengan teknik analisis korelasi. Data diolah dengan menggunakan software SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan SMA N 1 Wuryantoro secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai grand mean sebesar 3,08. Selanjutnya ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro. Dari hasil korelasi bahwa besarnya koefisien korelasi (r) antara variabel pemanfaataan perpustakaan (X) dan nilai prestasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 0,502. Karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,502>0,235), maka korelasi dikatakan signifikan. Dari hasil uji hipotesis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro. date: 2011-11-16 date_type: published pages: 113 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anton Prasetyo, NIM.: 07140017 (2011) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57229/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57229/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7.pdf