TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag. ID - digilib5724 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5724/ A1 - ANIS NURUL MUNA - NIM.95413044, Y1 - 2011/03/03/ N2 - Dalam rangka memperbincangkan perubahan atau perbaikan system pendidikan Islam, deskontruksi pemahaman agama menjadi sebuah keniscayaan, dalam konteks inilah pemikiran-pemikiran Harun Nasution mengenai semua aspek dalam Islam yang berparadigma rasional layah untuk mendapat tempat untuk dikembangkan oleh umat Islam. Pemikiran-pemikiran Harun Nasution pada gilirannya menyimpan semangat yang tinggi untuk kembalinya Islam yang utuh dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan model pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis dan pendekatan histories. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Dalam menganalisa data digunakan metode content analisis, metode induksi, metode deduksi dan metode interpretasi. Perkembangan pemikiran Islam membawa dampak atau implikasi secara langsung atau tidak terhadap perkembangan pendidikan Islam. Demikian halnya dengan gagasan dan pemikiran Harun Nasution tentang Islam rasional memiliki implikasi terhadap perkembangan pendidikan Islam di antaranya dalam bidang kurikulum, tujuan, metode dan pendekatan serta semangat untuk senantiasa melakukan usaha perbaikan secara terus menerus. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Islam rasional KW - pengembangan pendidikan Islam KW - Harun Nasution M1 - skripsi TI - ISLAM RASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM AV - restricted ER -