%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Irfa’i, NIM.: 09141008 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2011 %F digilib:57243 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Perpustakaan Sekolah, Koleksi Non Fiksi, Minat Baca %P 107 %T HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI NON FIKSI DAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI PREMBULAN KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57243/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan ketersediaan koleksi non fiksi dan minat baca siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri Prembulan. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel ganda dimana koleksi non fiksi sebagai varibel independent dan minat baca sebagai variabel dependent. Skala yang digunakan yaitu skala Likert antara lain sangat setuju (SS) skor 4, setuju (S) skor 3, tidak setuju (TS) skor 2 dan sangat tidak setuju (STS) skor 1. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai metode utama sedangkan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sampelnya adalah siswa SD Negeri Prembulan kelas IV, V dan VI sebanyak 62 responden. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif, dengan bantuan SPSS versi 16.0 diperoleh nilai r (koefisien korelasi Product Moment) sebesar 0,304 sehingga dapat diinterpretasikan hubungan antara ketersediaan koleksi non fiksi dan minat baca siswa sekolah dasar di SD Negeri Prembulan termasuk dalam kategori rendah karena terletak pada nilai 0,002 – 0,004. Dan dari hasil uji signifikansi dengan mengkonsultasikan nilai r hitung (0,304) dengan r tabel (0,254) maka didapat nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara koleksi non fiksi dan minat baca siswa sekolah dasar di perpustakaan SD Negeri Prembulan pada tingkat kepercayaan 95%. Perlu menambah koleksi fiksi untuk merangsang minat baca di SD Negeri Prembulan, serta perlu meningkatkan minat baca terhadap koleksi non fiksi agar prestasi belajar meningkat. %Z Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd