%0 Thesis %9 Skripsi %A Indah Hikmatul Faizah, NIM.: 18102010040 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2023 %F digilib:57266 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K iklan televisi; komodifikasi agama; semiotik; wardah %P 124 %T KOMODIFIKASI AGAMA PADA IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIK IKLAN WARDAH EDISI RAMADHAN TAHUN 2022) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57266/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya iklan televisi yang mengandung unsur agama. Mengingat mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, banyak perusahaan memanfaatkan fakta tersebut dengan menyeret agama khususnya Islam ke dalam operasional bisnis mereka. Nilai dan simbol agama Islam dijadikan komoditi untuk menarik minat masyarakat sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan produk, seperti halnya yang terjadi pada iklan televisi Wardah edisi Ramadhan tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami makna dari tanda-tanda komodifikasi agama yang tersirat pada iklan televisi Wardah edisi Ramadhan tahun 2022. Penelitian ini dilandasi teori iklan televisi dan komodifikasi agama. Jenis penelitian yang digunakan ialah analisis penelitian isi kritis dengan metode pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan merupakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber data primer penelitian ini adalah iklan televisi Wardah dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi pada iklan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini ialah iklan televisi Wardah edisi Ramadhan tahun 2022 terindikasi melakukan praktik komodifikasi agama. Wardah sejak dulu telah menggunakan embel-embel agama Islam pada produknya dengan merujuk pada bintang iklan yang mengenakan busana muslim dan hijab, namun pada iklan televisi Wardah edisi Ramadhan tahun 2022 terdapat perbedaan terhadap iklan-iklan televisi Wardah yang sebelumnya. Iklan televisi Wardah edisi Ramadhan tahun 2022 lebih menonjolkan nilai-nilai Islam seperti akhlak terpuji tolong-menolong dan pantang menyerah yang dijadikan sebagai komoditi, sehingga dapat menarik minat masyarakat dan memperoleh keuntungan dari iklan tersebut. %Z Pembimbing: Dra. Anisah Indriati, M.Si.