%A NIM.: 05430017 Nur Cholifah %O Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.Sc. %T PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 AMPEL %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran matematika siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Ampel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan guru matematika dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Ampel yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar angket aktivitas siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Dari analisis angket didapat hasil persentase aktivitas belajar siswa yang dilihat dari semua indikator aktivitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 59,46% dan pada siklus II sebesar 68,49%. Aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari aktivitas dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru maupun siswa lain, mencatat materi pelajaran dan point penting, keberanian dalam memberikan tanggapan dan mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun teman, mengerjakan tugas dengan baik, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok. %K pembelajaran kontekstual; strategi kooperatif Tipe Two Stay Two Stray; belajar %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib57281