<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif\r\nefektif dan menyenangkan pada pelajaran matematika kelas VII MTs Ibnul\r\nQoyyim Putri dengan menerapkan Problem Based-Learning dengan seting\r\npembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek\r\npenelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri yang berjumlah 27\r\nsiswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan\r\nmenerapkan Problem Based-Learning dengan seting pembelajaran kooperatif tipe\r\nThink-Pair-Square dan keterwujudan PAKEM dalam pembelajaran matematika.\r\nPenelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus yang masing-masing\r\nsiklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan\r\nlapangan, angket siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan\r\ndokumentasi. Analisis data kualitatfi dilakukan dengan reduksi data, penyajian\r\ndata, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Problem Based-\r\nLearning dengan seting pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square pada\r\npelajaran matematika kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri, PAKEM dapat\r\ndiwujudkan.Dari analisis angket diperoleh hasil persentase keaktifan siswa pada\r\nsiklus I sebesar 60,59%, pada siklus II sebesar 66,23% dan pada siklus III sebesar\r\n65,89%. Keaktifan siswa dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam bertanya kepada\r\nguru dan teman lainnya ketika mengalami kesulitan mengemukakan pendapat,\r\nmempertanyakan gagasan orang lain, dan siswa bekerjasama dalam kelompok.\r\nHasil persentase kreatifitas siswa pada siklus I sebesar 68,75%, pada siklus II\r\nsebesar 65,14% dan pada siklus III sebesar 68,36%. Kreatifitas siswa dapat dilihat\r\ndari siswa berinisiatif menggunakan referensi lain, menyelesaikan masalah\r\ndengan cara sendiri, berani mengambil resiko, penuh semangat dalam mengikuti\r\npelajaran serta siswa berimajinasi dan menyimpulkan materi. Hasil persentase\r\npembelajaran efektif pada siklus I sebesar 69,35%, pada siklus II sebesar 72,12%\r\ndan pada siklus III sebesar 74,17%. Pembelajaran efektif dapat dilihat dari siswa\r\nmenggunakan waktu dengan sebaik mungkin dan dapat menyelesaikan masalah\r\ndengan baik dan benar. Persentase hasil angket pembelajaran menyenangkan bagi\r\nsiswa pada siklus I sebesar 75,72%, pada siklus II sebesar 71,79% dan pada siklus\r\nIII sebesar 73,26%. Pembelajaran menyenangkan dapat dilihat dari siswa senang\r\nketika proses pembelajaran berlangsung dan siswa betah berlama-lama berada di\r\ndalam kelas."^^ . "2010-08-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 05430025"^^ . "Mulatiningsih"^^ . "NIM.: 05430025 Mulatiningsih"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "05430025 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #57283 \n\nIMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING \nDENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .