TY - THES N1 - Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd. ID - digilib57283 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57283/ A1 - Mulatiningsih, NIM.: 05430025 Y1 - 2010/08/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan pada pelajaran matematika kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri dengan menerapkan Problem Based-Learning dengan seting pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan Problem Based-Learning dengan seting pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square dan keterwujudan PAKEM dalam pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Analisis data kualitatfi dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Problem Based- Learning dengan seting pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square pada pelajaran matematika kelas VII MTs Ibnul Qoyyim Putri, PAKEM dapat diwujudkan.Dari analisis angket diperoleh hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 60,59%, pada siklus II sebesar 66,23% dan pada siklus III sebesar 65,89%. Keaktifan siswa dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dan teman lainnya ketika mengalami kesulitan mengemukakan pendapat, mempertanyakan gagasan orang lain, dan siswa bekerjasama dalam kelompok. Hasil persentase kreatifitas siswa pada siklus I sebesar 68,75%, pada siklus II sebesar 65,14% dan pada siklus III sebesar 68,36%. Kreatifitas siswa dapat dilihat dari siswa berinisiatif menggunakan referensi lain, menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, berani mengambil resiko, penuh semangat dalam mengikuti pelajaran serta siswa berimajinasi dan menyimpulkan materi. Hasil persentase pembelajaran efektif pada siklus I sebesar 69,35%, pada siklus II sebesar 72,12% dan pada siklus III sebesar 74,17%. Pembelajaran efektif dapat dilihat dari siswa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan benar. Persentase hasil angket pembelajaran menyenangkan bagi siswa pada siklus I sebesar 75,72%, pada siklus II sebesar 71,79% dan pada siklus III sebesar 73,26%. Pembelajaran menyenangkan dapat dilihat dari siswa senang ketika proses pembelajaran berlangsung dan siswa betah berlama-lama berada di dalam kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran aktif; kreatif; efektif; PBL; TPSq M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PROBLEM BASED-LEARNING DENGAN SETING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MTs IBNUL QOYYIM PUTRI BERBAH SLEMAN AV - restricted EP - 304 ER -