eprintid: 57284 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/72/84 datestamp: 2023-03-21 08:42:40 lastmod: 2023-03-21 08:42:40 status_changed: 2023-03-21 08:42:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Rikawati, NIM.: 03450481 title: ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: pembelajaran sains; mental siswa; psikologi kognitif note: Pembimbing: Arifah Khusnuryani, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran sains yang dikembangkan dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX telah sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Pada penelitian ini buku ajar yang dipilih adalah buku ajar sains biologi yang digunakan oleh para guru sains biologi di sekolah menengah pertama wilayah Yogyakarta sebagai sumber belajar wajib atau yang direkomendasikan para guru/ kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Diambil tiga buah buku ajar yang diterbitkan oleh penerbit Er, BA dan Yud. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi buku ajar sains biologi kelas IX. Pengumpulan data dimulai dengan menandai kalimat perintah pada setiap halaman buku yang menunjukkan adanya keterlibatan proses pembelajaran sains. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang besarnya kandungan proses pembelajaran sains di dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX. Teknik ini juga dipakai untuk mengetahui apakah proses pembelajaran sains yang terkandung dalam buku tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Buku ajar sains biologi SMP kelas IX mengandung proses pembelajaran sains yang sangat baik. 2) Kandungan proses sains dalam buku ajar sains biologi SMP kelas IX telah sesuai dengan tingkat perkembangan mental siswa SMP kelas IX. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan: a) Persentase rata-rata proses pembelajaran sains yang terkandung dalam buku ajar Sains Biologi SMP kelas IX sebesar 97,5%. b) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase operasional konkrit 25,4%. c) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase operasional formal 42,4%. d) Persentase proses pembelajaran sains yang tergolong dalam kemampuan berpikir fase gabungan operasional konkrit dan formal 32,2%. date: 2010-08-27 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rikawati, NIM.: 03450481 (2010) ANALISIS KANDUNGAN PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA BUKU AJAR SAINS BIOLOGI SMP KELAS IX DAN KESESUAIANNYA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MENTAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57284/1/03450481%20BAB%20I%20DAN%20PENUTUP.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57284/2/03450481%20BAB%20II%20SAMPAI%20BAB%20IV.pdf