%A NIM.: 06600050 Rina Dewi Nurwijayanti %O Pembimbing: Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc. %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO %X Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bambanglipuro pada pokok bahasan logaritma. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 128 siswa yang dikelompokkan dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas karena diketahui bahwa populasi homogen dan berdistribusi normal. Dari pengambilan sampel ditentukan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal posttest dan observasi. Validitas soal posttest menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas item, sedangkan reliabilitas soal posttest menggunakan nilai alpha yang diperoleh dari hasil analisis iteman. Adapun analisis data menggunakan uji t sampel independen (independent samples t-test). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan dengan signifikansi 5%. Berdasarkan uji prasyarat uji t, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, diketahui bahwa data berdistribusi normal dan data homogen, sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan. Pengambilan keputusan adalah H0 ditolak jika t hitung >/ + t tabel. Dari hasil perhitungan pada uji hipotesis, diperoleh t hitung = 2,934 dan t tabel = 2,000, ini berarti t hitung < t tabel, sehingga H0 diterima. Artinya, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih kecil daripada rata-rata nilai kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan pemberian tugas terstruktur tidak lebih efektif dibandingkan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran logaritma. %K model kooperatif; bamboo dancing; tugas terstruktur; hasil belajar matematika. %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib57285