TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi ID - digilib5729 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5729/ A1 - DEDE YAYAN TAUFIQURROHMAN - NIM.95423084, Y1 - 2011/03/03/ N2 - Siswa MTsN Leuwimunding mempunyai kemampuan dasar berbahasa Arab yang berbeda-beda, karena latar belakang pendidikan siswa yang bermacam-macam, ada yang dari SD dan dari MI. Kemampuan dasar yang berbeda pada siswa ini merupakan tantangan bagi guru bahasa Arab untuk mengupayakan proses pengajaran bahasa Arab yang dapat diikuti oleh semua siswa baik yang dari MI maupun yang dari SD. Metode penentuan subyek mengungkapkan luasnya populasi sebagai tempat diperolehnya data, sedang yang dimaksud populasi yaitu keseluruhan fihak yang seharusnya menjadi sasaran penelitian. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara (interview), metode angket (questioner), metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Untuk menganalisa data yang diperoleh, dikelompokkan menjadi 2 yaitu kualitatif dan kuantitatif. Untuk data yang kualitatif, dianalisis dengan deskriptif analitik dengan menggunakan kerangka berfikir induktif dan deduktif. Sedang untuk data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis statistik. Kemampuan membaca berbahasa Arab bila diambil rata-ratanya, maka hasilnya adalah 6,21, sehingga secara kualitatif kemampuan membaca MTsN Leuwimunding termasuk kategori cukup. Untuk kemampuan menulis berbahasa Arab hasilnya adalah 6,93, yang secara kualitatif kemampuan menulis siswa MTsN Leuwimunding termasuk kategori lebih cukup. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kemampuan berbahasa Arab KW - Siswa MTsN M1 - skripsi TI - KEMAMPUAN BERBAHAS ARAB SISWA MTsN LEUWIMUNDING - MAJALENGKA (STUDI KRITIS TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB) AV - restricted ER -