eprintid: 5731 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/57/31 datestamp: 2013-07-25 11:47:04 lastmod: 2013-07-25 11:47:48 status_changed: 2012-05-04 16:48:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CAHYATRI HERNAWATI - NIM. 97413738, title: NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR'AN SURAT LUKMAN AYAT 12-19 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: nilai-nilai pendidikan Islam, Tafsir al-Azhar note: Pembimbing: Drs. Sangkot Sirait, M.Ag. abstract: ABSTRAK Tafsir al-Azhar merupakan salah satu tafsir di Indonesia abad XX. Hamka yang menentang sikap tajidid, menurutnya taqlid adalah musuh kemerdekaan berfikir, kebekuan berfikir menimbulkan kebekuan agama. Sikap menolak taqlid inilah kemudian membuat Hamka menjadi pemikir bebas yang tidak terikat pada salah satu madzhab manapun dalam Islam. Tafsir al-Azhar ditulis dalam suasana baru di negara yang penduduknya mayoritas muslim, sedang mereka haus akan bimbingan agama, haus akan mengetahui rahasia-rahasia al-Qur'an, maka pertikaian-pertikaian madzhab tidaklah dibawakan dalam tafsir itu. Tidak fanatic kepada salah satu faham, melainkan mencoba berupaya mendekati maksud ayat, menguraikan makna lafadz bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan memberi kesempatan orang untuk berfikir. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dan berdasar tujuannya penelitian termasuk basic research. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), kemudian disimpulkan dengan metode induktif dan deduktif. Kisah Luqman (dalam al-Qur'an surat Luqman ayat 12-19) mengandung beberapa nilai pendidikan yang menunjukkan praktik pendidikan dalam keluarga. Adapun nilai-nilai pendidikan keluarga Luqman adalah: 1). Kepribadian seorang pendidik; Luqman adalah pendidik yang mempunyai kepribadian teladan, ia menampakkan kasih sayangnya dalam segala perilakunya, bukan hanya melalui kata-kata. 2). Pendidikan melalui nasehat-nasehat; yang merupakan metode pendidikan untuk mengetuk perasaan anak, agar tersentuh sehingga dengan mudah menerima apa yang disampaiakn. 3). Pendidikan nilai keimanan dan ketaqwaan yang mencakup pendidikan aqidah, syari'ah dan pendidikan akhlak. date: 2011-03-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-03-03 15:00:24 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--cahyatrihe-5510-1-cahyatri-9.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/111/digilib-uinsuka--cahyatrihe-5510-1-cahyatri-9.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6119 ; nama file lama : CAHYATRI HERNAWATI - NIM. 97413738 NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QURAN SURAT LUKMAN AYAT 12-19.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1073451 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-03-03 15:00:24 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--cahyatrihe-5510-1-cahyatri-9.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/111/digilib-uinsuka--cahyatrihe-5510-1-cahyatri-9.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6119 ; nama file lama : CAHYATRI HERNAWATI - NIM. 97413738 NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QURAN SURAT LUKMAN AYAT 12-19.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1073451 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: CAHYATRI HERNAWATI - NIM. 97413738, (2011) NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR'AN SURAT LUKMAN AYAT 12-19. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/12/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/13/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/14/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/15/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/16/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/17/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/18/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5731/19/small.jpg