%0 Journal Article %@ (E-ISSN: 2656-6893 %A Rama Kertamukti, - %A Mochamad Sodik, - %A B.J. Sujibto, - %D 2021 %F digilib:57317 %I Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) %J Jurnal Pewarta Indonesia %K Webometrics, Web, UIN Sunan Kalijaga %N 2 %P 105-123 %T Website Work Quality Assessment to Improve Webometrics Rank on the Website of httpsuin-suka.ac.id %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57317/ %V 3 %X UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang menerapkan media website sebagai media untuk memberikan informasi kepada pengguna baik bagi civitas akademika maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui informasi terkait informasi seputar kampus, salah satunya informasi berita, pendaftaran, Pengumuman dan sebagainya. Kekuatan website menjadi alat ukur dalam menentukan peringkat di Webometrics. Tujuan dari peringkat atau webometrics (https://www.webometrics.info/) adalah untuk mempromosikan publikasi situs web. Mendukung Akses Terbuka, akses elektronik ke publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Artikel ini mencoba menjelaskan visibilitas website UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebaagai upaya dalam meningkatkan peringkat webometrics. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, dengan menganalisa sumber informasi, struktur situs web dan teknologi dengan pendekatan bibliometrik dan infometrik yang digunakan website UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil analisa yang diperoleh dengan Pengukuran dari elemen kegunaan, situs web uinsuka. ac.id menunjukkan situs web uin-suka.ac.id terlihat cukup "ramah" untuk digunakan pada ponsel atau smartphone yang mengakses situs web uin-suka.ac.id. Analisa dalam Kualitas Informasi menunjukkan bahwa situs web uinsuka. ac.id belum memiliki backlink yang baik. Kualitas interaksi layanan yang dirasakan oleh pengguna situs web uinsuka. ac.id terlihat belum menghasilkan kesan yang cukup baik dalam aktivitas kepercayaan dan empati mereka dalam proses mengakses, seperti dalam masalah transaksi dan keamanan informasi, pengiriman pesan, personalisasi dan aktivitas komunikasinya.