%A - Diah Ajeng Purwani %J Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi %T Communication for Empowerment Through Virtual Philanthropy To Build An Islamic Creative Economy %X Penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia telah menyebabkan melemahnya kegiatan ekonomi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, munculnya pengangguran, dan penurunan pendapatan dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemberdayaan melalui filantropi virtual berbasis ajaran Islam guna menumbuhkan ekonomi kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk memperkuat data, teknik pengumpulan data dilakukan secara utama melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan empat komunitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang jasa dan satu komunitas pemberdayaan di wilayah Yogyakarta, Indonesia, sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran komunitas filantropi virtual berbasis ajaran Islam melalui media sosial berdampak pada pertumbuhan bisnis dalam enam hal penting, yaitu: gerakan membeli produk teman, sedekah rombongan, mempromosikan produk teman, membeli secara tunai, bantuan modal tanpa riba, serta memperkuat jaringan bisnis. Harapan, filantropi virtual berbasis Islam ini dapat menjadi motor penggerak pemberdayaan untuk masyarakat kecil. %N 2 %K pemberdayaan, ekonomi kreatif; filantropi islam; UMKM %P 211-242 %V 7 %D 2022 %I UIN Raden Mas Said Surakarta %L digilib57338