%A FATCHURROCHMAN - NIM. 97473698 %O Pembimbing: Drs. H.M. Rofangi, M.Si. %T PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM MENURUT M ARIFIN %X ABSTRAK Proses kependidikan Islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dalam praktisisasi di lapangan operasional. Bangunan teoritis kependidikan Islam itu akan dapat berdiri tegak di atas kondisi pandangan dasar (filosofi) yang telah digariskan oleh Tuhan dalam kitab suci wahyuNya, al-Qur'an al-Karim. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan filosofis. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Metode analisa data melalui analisa isi (content analysis), metode deskriptif, metode deduktif, dan metode induktif. Secara filosofis M.Arifin memotret manusia ke dalam tiga tujuan, yaitu tujuan individual, tujuan sosial, dan tujuan profesional, dalam pencapaian ketiga tujuan tersebut harus secara integral untuk mewujudkan tipe manusia paripurna yang dikehendaki oleh ajaran Islam. Untuk mengetahui keberhasilan proses kependidikan Islam diperlukan sistem evaluasi yang tepat sasran dan tepat guna yang menyangkut gejala batiniah dan lahiriah yang dimenifestasikan oleh tingkah laku manusia muslim paripurna, yaitu pribadi yang beriman dan bertaqwa serta berilmu pengetahuan, berakhlak karimah dan selalu mencari ridlo Allah untuk kebahagian hidup di dunia dan akhiratnya. %K pendidikan Islam, M.Arifin %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5738