TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd. ID - digilib5739 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5739/ A1 - ETY DURRATUN NAFISAH - NIM 97413631, Y1 - 2011/03/04/ N2 - Melihat lingkup tanggung jawab pendidikan agama Islam yang meliputi dunia akhirat, dapat diperkirakan bahwa orang tua tidak mungkin dapat memikulnya sendiri secara sempurna, lebih dalam masyarakat yang senantiasa berkembang maju. Oleh karena itu orang tua menyerahkan tanggung jawab pendidikan agama anaknya pada pesantren. Pondok Pesantren al-Muayyad sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang mendapat tanggung jawab dari orang tua santri berusaha melaksanakan pendidikan agama Islam sebaik-baiknya, dan mengatasi pelanggaran-pelanggaran yang muncul akibat adanya kegoncangan pada diri santri yang kebanyakan masih berada pada jenjang usia remaja. Subyek penelitian adalah sumber informasi asal diperolehnya data yang dibutuhkan. Untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan menggunakan metode wawancara (interview), metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisa data adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode berfikir induktif dan deduktif. Bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan Pondok Pesantren al-Muayyad sebagian besar merupakan kenakalan yang bersifat pelanggaran terhadap tata tertib yang berlaku di Pondok. Kenakalan yang terjadi dikelompokkan menjadi 3 kategori hukuman yaitu hukuman berat, sedang, dan ringan. Faktor yang menyebabkan kenakalan karena pengaruh ekonomi keluarga, pengaruh lingkungan pondok, dan pengaruh lingkung di luar pondok. Bentuk-bentuk hukuman yang diberikan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kenakalan santri antara lain dengan tindakan preventif, represif, dan kuratif. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kenakalan santri KW - upaya mengatasinya KW - Pondok Pesantren M1 - skripsi TI - BENTUK-BENTUK KENAKALAN SANTRI DAN UPAYA MENGATASINYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUAYYAD SURAKARTA AV - restricted ER -