%A NIM.: 06600041 Rina Wanti %O Pembimbing; Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP TO GROUP DAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 13 YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui metode Group to Group dan The Learning Cell dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 13 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Yogyakarta sebanyak 135 siswa yang terbagi dalam 4 kelas, sedangkan sampel diambil 3 kelas yang terdiri dari 101 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan subjek kelas dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 serta kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Group to Group dan The Learning Cell tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Yogyakarta. Begitu juga dengan metode Group to Group tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata nilai gain menggunakan nonparametric test didapatkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,326 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas sampel, yang berarti bahwa metode Group to Group dan The Learning Cell tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional. %K efektivitas pembelajaran; group to group; the learning cell; hasil belajar matematika %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib57406