%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Zaairul Haq, NIM.: 06420012 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2010 %F digilib:57439 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K kompetensi pedagogik; pembelajaran; guru; kompetensi profesional %P 99 %T ANALISIS EVALUATIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57439/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MAN 2 Wates Kulon Progo Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan renungan bagi guru bahasa Arab khususnya yang berada di MAN 2 Wates agar senantiasa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek penelitian MAN 2 Wates Kulon progo Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk sumber data adalah guru-guru bahasa Arab MAN 2 Wates dan para peserta didik mulai dari kelas X hingga kelas XII. Dengan hal ini penulis menggunakan teknis analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi, dan terakhir adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa pemahaman mengenai kompetensi pedagogik ternyata ditanggapi secara berbeda oleh masing-masing guru. (2) Masih ada kesenjangan mengenai pelaksanaan kompetensi guru antara proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas dengan rencana pembelajaran (RPP) yang disusun guru. (3) Belum maksimalnya kerja guru baik dalam menyusun rencana pembelajaran hingga evaluasi. (4) Secara formal, guru-guru bahasa Arab cukup disiplin dalam pengaturan waktu, namun hal itu tidak begitu membawa manfaat yang besar bagi peserta didik, karena tidak diimbangi dengan daya kreativitas dan kurang mampu memberikan motivasi kepada peserta didik. (5) Observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran di kelas, menunjukkan guru-guru bahasa Arab cukup menguasai materi bahasa Arab. Terbukti dengan berbagai penjelasan yang diberikan sudah cukup lengkap, dan itu diakui oleh peserta didik, bahwa kemampuan guru dalam penguasaan materi cukup bagus. Namun demikian, masih banyak digunakannya pendekatan konvensional, yaitu yang masih berpusat pada guru. (6) Metode yang digunakan masih cenderung ceramah, dan belum dimanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Demikian pula halnya dengan belajar kelompok, belajar mandiri, dan belajar menemukan (problem-based learning) sendiri belum dilaksanakan secara optimal. (7) Dalam pelaksanaan evaluasi terhadap proses pembelajaran, didapati bahwa seluruh guru tidak selalu melakukan evaluasi di setiap akhir pelajaran. Namun hanya berkala, dan tidak ditentukan waktunya. Demikian pula, Penilaian yang dilakukan cenderung menekankan pada faktor hasil, bukan proses yang hanya menilai kemampuan kognitif. Demikian pula, semua guru tidak melakukan pemantauan atas kemajuan belajar siswa. Selain itu, juga kurang tampak adanya upaya perbaikan kinerja yang dinilai kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan. Realitas yang ada menunjukkan bahwa kebanyakan aktivitas guru hanya sekedar melaksanakan rutinitas, sehingga tidak pernah mengalami peningkatan. %Z Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo