relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/ title: FAKTOR PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN) creator: HABIB BAHRODIN - NIM.97413674, subject: Pendidikan Agama Islam description: Keseimbangan hidup berarti menjalankan kehidupan sesuai dengan fitrah yang telah ditetapkan yaitu akidah tauhid. Fitrah ini perlu dipelihara dan dikembangkan melalui pendidikan yang baik, karena pendidikan merupakan proses komprehensif yang membantu manusia dalam mencapai keseimbangan hidup, yakni melatih emosional, intelektual dan sesual secara simultan. Manusia telah diberi bawaan yang berupa potensi-potensi dasar yang perlu dikembangkan dan hokum yang membawanya pada pemekaran pribadi secara total. Sehingga belajar dari pemahaman pendidikan seperti ini diharapkan manusia mampu melaksanakan tugasnya sebagai khalihaf di muka bumi. Dalam kaitannya dengan pengumpulan data digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan prosedur pembahasan menggunakan cara berfikir deduktif dan induktif, dan metode content analisis. Sedang pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis (philosophical approach). Al Ghazali melihat bahwa pendidikan anak merupakan sesuatu yang sangat penting dimana anak diciptakan dengan pembawaan dapat menerima hal-hal yang baik dan yang jelek, hanya orang tua dan lingkungannya yang bisa membimbingnya kesalah satunya. Proses pelaksanaan pendidikan bukan sekedar meninggikan dimensi kognisi dan psikomotor yang dimiliki anak saja, namun perlu juga memperhatikan dimensi afeksinya. Ketiganya merupakan kesatuan aktifitas manusia yang melibatkan kemampuan dasar manusia dan pendidikan. date: 2011-03-04 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5745/10/small.jpg identifier: HABIB BAHRODIN - NIM.97413674, (2011) FAKTOR PEMBAWAAN DAN LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.