eprintid: 5746 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/57/46 datestamp: 2012-11-30 14:41:54 lastmod: 2017-04-05 07:36:29 status_changed: 2012-05-04 16:48:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HANIEK FARIDA - NIM. 97423730, title: EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: eksperimentasi, media, kartu kuartet, pembelajaran, kosa kata bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief abstract: Dalam proses belajar mengajar media dipergunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa mudah, lebih efektif dan efisien. Penelitian ini membahas tentang penggunaan kartu kuartet sebagai media pengajaran yang menarik untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Diharapkan siswa akan dapat menggunakan kosa kata dan kalimat bahasa Arab melalui media pengajaran tersebut tanpa berfikir bahwa bahasa Arab itu sulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penentuan subyek melalui penentuan sumber data, populasi dan sample penelitian, dan desain penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara (interview), metode dokumentasi, metode test. Untuk menganalisa data yang diperoleh digunakan metode analisa data kuantitatif dan deskriptif analitik. Metode ekperimen dimaksudkan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dari suatu perlakuan antara satu kelompok dengan yang lain yang kemudian dibandingkan hasilnya. Dari hasil penelitian dan eksperimen yang dilakukan ada perbedaan yang signifikan antara hasil penguasaan kosa kata bahasa Arab pada siswa yang diajar dengan menggunakan media kartu kuartet dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan kartu kartu kuartet. Dari hasil uji t terbukti bahwa t hit atau t o yang diperoleh sebesar 8,979, dan dari df sebesar 82 diperoleh harga t tab pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,99 dan t tab pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,64. Sehingga harga t hit atau t o yang diperoleh lebih besar dari harga t tab baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 1,99 8,979 2,64. Dengan perbedaan ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dibutuhkan media kartu kuartet kosa kata bahasa Arab. Perbedaan hasil signifikan di atas terlihat bahwa hasil belajar kosa kata dengan menggunakan media kartu kuartet lebih efektif dan efisien dengan perbandingan mean sebesar 5,4214 bagi control dan 7,6571 bagi eksperimen. date: 2011-03-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-04 11:09:39 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--haniekfari-5526-1-haniekf-b.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/111/digilib-uinsuka--haniekfari-5526-1-haniekf-b.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6139 ; nama file lama : HANIEK FARIDA - NIM. 97423730 EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 748761 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: HANIEK FARIDA - NIM. 97423730, (2011) EKSPERIMENTASI MEDIA KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5746/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5746/3/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf