TY - THES N1 - Pembimbing: Sukiman, S.Ag., M.Pd. ID - digilib5748 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5748/ A1 - BARIK FIDAROIN - NIM.06410043 , Y1 - 2011/03/04/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran dibutuhkan seorang guru yang profesional yaitu guru yang benar-benar menguasai bidang yang dia ampu dan mampu membelajarkannya, karena guru adalah sebuah profesi di mana profesi tersebut merupakan faktor yang paling dominan dan penting dalam menentukan kemajuan sebuah bangsa. Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 tahun 2008 dan Permendiknas No. 16 tahun 2007 telah disebutkan apa saja yang termasuk kompetensi-kompetensi keguruan khususnya kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru. MAN Pakem memiliki dua orang guru mata pelajaran fiqih yang jika dilihat dari jenjang pendidikannya maka sudah terdapat indikasi bahwa guru tersebut profesional. Namun apakah guru-guru mata pelajaran fiqih MAN Pakem tersebut telah menguasai kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik dalam mengelola proses pembelajaran dengan baik seperti yang telah disebutkan dalam permendiknas No. 16 tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian yang tidak berwujud angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Kompetensi profesional guru mata pelajaran fiqih di MAN Pakem dalam penguasaan materi untuk Bapak Akhmad Mustaqim, M.A. sudah baik karena dari dua belas pertanyaan materi seputar fiqih kelas XI beliau mampu menjawab sebelas pertanyaan dengan tepat dan untuk Ibu Muslichatul Rodiyah, S.Ag. cukup baik karena dari dua belas pertanyaan materi seputar fiqih kelas X, beliau mampu menjawab sembilan pertanyaan dengan tepat. Penguasaan kompetensi pedagogik dalam mengelola proses pembelajaran bagi guru fiqih I masih kurang baik, yaitu: adanya kekurangsesuaian antara RPP dengan realisasinya dalam mengajar, metode mengajar hanya ceramah sehingga pengelolaan kelas kurang optimal, dan guru hanya melakukan her pada peserta didik yang belum lulus ujian bukan remidi. Guru fiqih II sudah cukup baik, yaitu: Adanya kesesuaian antara RPP dengan realisasi dalam mengajar, metode mengajar bervariasi sehingga pengelolaan kelas lebih optimal, dan guru melakukan remidi bagi peserta didik yang belum lulus ujian. Kemudian untuk upaya peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru-guru mata pelajaran fiqih MAN Pakem adalah dengan mengikuti MGMP fiqih, diklat di Semarang dan melanjutkan pendidikan Strata dua. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kompetensi Pedagogik KW - Pelajaran Fiqih M1 - skripsi TI - KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -