%A NURUL LATIFAH - NIM. 06470040 %O Pembimbing : DR. Ahmad Arifi, M.Ag. %T PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Pengembangan Kecerdasan Emosional siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul dan Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Kecerdasan emosional merupakan suatu kecerdasan yang berarti kekuatan untuk memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai kecerdasan emosional, mereka masih beranggapan bahwa kecerdasan intelektual sebagai kecerdasan tunggal dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang, hal ini mengakibatkan banyaknya orang yang tidak bisa mengendalikan emosi dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, akibatnya banyak orang-orang yang cerdas tetapi tidak memiliki hati nurani . Sekolah merupakan salah satu tempat dalam mengembangkan kecerdasan emosi seorang anak setelah dalam lingkungan keluarga. Disekolah anak akan diajarkan berbagai macam hal yang sebelumnya belum pernah ia dapatkan, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosi anak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah beserta staff dan karyawan, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik mampu meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kreatifitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul, walaupun masih adanya beberapa hambatan yang dihadapi. %K Kecerdasan Emosi %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5755