eprintid: 5755 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/57/55 datestamp: 2013-01-04 10:02:39 lastmod: 2017-03-22 02:36:24 status_changed: 2012-05-04 16:48:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL LATIFAH - NIM. 06470040 , title: PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan Emosi note: Pembimbing : DR. Ahmad Arifi, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Pengembangan Kecerdasan Emosional siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul dan Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Kecerdasan emosional merupakan suatu kecerdasan yang berarti kekuatan untuk memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai kecerdasan emosional, mereka masih beranggapan bahwa kecerdasan intelektual sebagai kecerdasan tunggal dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang, hal ini mengakibatkan banyaknya orang yang tidak bisa mengendalikan emosi dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, akibatnya banyak orang-orang yang cerdas tetapi tidak memiliki hati nurani . Sekolah merupakan salah satu tempat dalam mengembangkan kecerdasan emosi seorang anak setelah dalam lingkungan keluarga. Disekolah anak akan diajarkan berbagai macam hal yang sebelumnya belum pernah ia dapatkan, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosi anak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah beserta staff dan karyawan, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik mampu meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kreatifitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul, walaupun masih adanya beberapa hambatan yang dihadapi. date: 2011-03-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-04 15:52:33 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurullatif-5535-1-nurulla-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/111/digilib-uinsuka--nurullatif-5535-1-nurulla-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6148 ; nama file lama : NURUL LATIFAH NIM. 06470040 - PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1718216 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NURUL LATIFAH - NIM. 06470040 , (2011) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5755/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5755/2/BAB%20II%2C%20III.pdf