TY - JOUR ID - digilib57550 UR - https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11284 A1 - Pratiwi, Bella A1 - Ali, Raafi Nur A1 - Sulistiyowati, Eka Y1 - 2019/// N2 - Sebagai negara yang dinobatkan sebagai kawasan megabiodiversitas, Indonesia memiliki peluang dan tantangan untuk memberikan pendidikan biodiversitas sebagai salah satu upaya konservasi dan perlindungan terhadap kekayaan hayati Indonesia. Dalam materi Biologi, misalnya, materi keanekaragaman hayati menjadi upaya penting untuk memperkenalkan biodiversitas Indonesia dan konservasinya. Pendidikan biodiversitas di jenjang formal sangat terikat dengan standar proses yang tertera dalam kurikulum. Apabila melihat pada esensi Kompetensi Dasar pendidikan materi keanekaragaman hayati mengandung makna yang mendalam yaitu sebuah upaya penyelamatan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Paper ini berupaya untuk menganalisis peluang dan tantangan untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia, dilihat dari kebijakan kurikulum, potensi lokal yang ada dan sarana dan sarana yang tersedia di sekolah serta kondisi kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan ini. Dengan melihat pada hasil survey terbatas pada kasus biodiversitas orang utan dan kupu-kupu, penelitian ini mengungkap pentingnya potensi lokal dalam pendidikan biodiversitas, kesesuaian tema bidiversitas dengan kurikulum, dan kesiapan sekolah dalam implementasinya PB - Prodi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta JF - Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-4 KW - Pendidikan biodiversitas KW - tantangan dan peluang KW - potensi lokal SN - 2577-533X TI - Pendidikan Biodiversitas Berbasis Potensi Lokal Pada Tingkat SMA/MA SP - 500 AV - public EP - 509 ER -