eprintid: 57577 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/75/77 datestamp: 2023-03-30 06:27:30 lastmod: 2023-03-30 06:27:30 status_changed: 2023-03-30 06:27:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rizki Suti Anggraeni, NIM.: 14480006 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Matematika SD/MI, Model pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Kerjasma Siswa note: Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si. abstract: Proses pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Bogor, guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas, tidak adanya pembentukan kelompok-kelompok belajar saat pembelajaran, kurang adanya kesempatan siswa untuk bertanya atau menyampaikan pendapat sehingga berpengaruh pada kemampuan kerjasama siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diyakini mampu mengatasi permasalahan tersebut dikarenakan dalam pelaksanaannya membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan anggota kelompoknya Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kerjasama siswa kelas IV pada pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai variabel bebas dan kemampuan kerjasama sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bogor, dengan sampel siswa kelas IV A dan IV B. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kemampuan kerjasama dan lembar observasi kerjasama. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji independent sampel test dengan bantuan software IBM Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap kemampuan siswa kelas IV terlihat dari hasil uji independent sampel test kemampuan kerjasama akhir nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,0055 < 0,05, yang artinya kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran Matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok tanpa game dan tournament. date: 2019-12-11 date_type: published pages: 189 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizki Suti Anggraeni, NIM.: 14480006 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD MUHAMMADIYAH BOGOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57577/3/14480006_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57577/2/14480006_BAB%20II_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf